#4 Bicara Tentang Beasiswa LPDP

Harus diakui, kuliah ke luar negeri itu tidak murah. Banyak yang mengurungkan niat untuk melanjutkan studi ke luar negeri saat mengetahui besarnya nominal yang harus dikeluarkan. Beasiswa, seperti yang kita ketahui, menjadi solusi utama yang dapat membantu mengatasi masalah finansial pendidikan kita. Sayangnya, informasi beasiswa kadang tidak tersebar luas. Seringkali hanya menyebar via mulut ke mulut atau via e-mail di kalangan terbatas.

Beruntungnya, saat ini sudah banyak akun media sosial yang membantu persebaran informasi beasiswa. Beberapa diantaranya ada di Twitter, sebut saja akun @BeasiswaIndo, @MasterScholars, @ScholarshipsGL, serta beberapa akun yang memberikan informasi secara spesifik berdasarkan negara, seperti @USA_Scholarship, @ScholarshipsUK, @JapanEducation, dan lain-lain (bisa teman-teman search sendiri). Rata-rata beasiswa yang diinfokan disana berasal dari luar negeri, dengan segala syarat dan ketentuan yang bisa jadi dirasa sangat rumit, dan persaingan yang cukup ketat. Mungkin teman-teman bertanya, “Apakah ada beasiswa asli Indonesia? Apakah ada beasiswa yang persyaratannya tidak membuat kepala pusing tujuh keliling?”.

Ada, teman-teman, ada. Namanya BEASISWA PENDIDIKAN INDONESIA (aka BEASISWA LPDP).

ImageInfo lengkapnya bisa teman-teman lihat di situs lpdp.depkeu.go.id atau googling. Tapi.. spesial untuk teman-teman yang malas mencari dan menyimpulkan infonya sendiri (yeah, i know you do) saya sudah menyiapkan 5W + 1H dari beasiswa LPDP untuk memuaskan rasa ingin tahu teman-teman. Enjoy!

Q: Apa itu LPDP?

A: LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Keuangan, sebuah lembaga yang berada di bawah Departemen Keuangan RI. Secara garis besar, LPDP bertugas untuk menyalurkan dana abadi yang berasal dari APBN untuk berbagai keperluan pendidikan, dimana salah satu programnya adalah Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Q: Apakah BPI terbagi menjadi beberapa kategori?

A: Ya. BPI terbagi menjadi tiga (3) kategori besar, yaitu Beasiswa Magister & Doktor,  Beasiswa Tesis & Disertasi, dan Beasiswa Afirmasi.

Q: Apa perbedaan dari ketiga kategori tersebut?

A: Beasiswa Magister & Doktor memberikan bantuan finansial secara menyeluruh, baik biaya pendidikan (tuition fee, SPP, tesis/disertasi, buku, dll) serta biaya pendukung (akomodasi, kesehatan, visa, tunjangan bulanan, dll). Beasiswa Tesis & Disertasi HANYA memberikan bantuan finansial untuk keperluan penelitian tesis/disertasi. Beasiswa Afirmasi memiliki sifat seperti Beasiswa Magister & Doktor, namun kandidatnya harus berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) di Indonesia.

Q: Apa jumlah penerima BPI terbatas?

A: Sebenarnya, setiap tahun LPDP menetapkan target jumlah penerima BPI (FYI, target tahun 2014 adalah 2500 orang). Namun, pihak LPDP sendiri menyatakan bahwa target tersebut bukanlah batas maksimal. Sekalipun jumlah kandidat yang layak menerima beasiswa berjumlah 3000 sekalipun, BPI tetap akan diberikan. Tenang saja, kawan.

Q: Siapa yang bisa memperoleh BPI?

A: Selama anda warga Indonesia, memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan, serta lolos seleksi, anda bisa memperoleh beasiswa ini.

Q: Seleksi?

A: Ya. LPDP mengadakan tiga tahap seleksi kepada para calon penerima BPI. Terdiri dari seleksi administrasi, wawancara dan Leaderless Group Discussion (LGD), dan Program Kepemimpinan (PK). Akan saya jelaskan di post selanjutnya.

Q: Apakah LPDP siap membiayai kita kemana saja?

A: LPDP menyatakan secara tegas bahwa BPI akan diberikan kepada kandidat yang hendak melanjutkan studi ke universitas yang ada di daftar ini.

Q: Apa besarnya biaya yang dibutuhkan untuk studi mempengaruhi peluang kita untuk memperoleh BPI?

A: Tentu tidak.

Q: Kapan saja seleksi BPI diadakan oleh LPDP? 

A: Terdapat empat (4) periode seleksi, yaitu April, Juni, September, dan Desember. Teman-teman tidak perlu menunggu-nunggu saat yang tepat untuk melengkapi persyaratan, karena pendaftaran dibuka sepanjang tahun.

Nah, itu beberapa informasi dasar terkait BPI yang berhasil saya rangkum. Teman-teman perlu tambahan info? SIlahkan cek website dari LPDP disini atau download bookletnya disini. Atau jika teman-teman ingin berdiskusi lebih lanjut tentang LPDP, silahkan langsung comment di post ini. Feel free to ask anything, i’ll try as hard as i could to answer your question(s) 🙂

Post selanjutnya akan membahas mengenai proses seleksi BPI yang telah saya jalani hingga saat ini (12 Juni 2014). Bagi teman-teman yang penasaran syarat apa saja yang dibutuhkan, bagaimana cara melengkapinya, serta seperti apa proses seleksi selanjutnya, STAY TUNED!

Advertisements

2 thoughts on “#4 Bicara Tentang Beasiswa LPDP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s