#3 Bagaimana Cara Kesana

Sekarang saya akan menjelaskan langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk proses pendaftaran ke University of Auckland. FYI, saat ini (3 Juni 2014) saya telah mendapatkan Letter of Offering dari masing-masing program yang telah saya daftarkan (PGCertGeothermTech dan MEnergy).

Langkah pertama adalah melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan berikut:

Image

  1. Passport pribadi, yaitu dokumen yang wajib dimiliki jika kita ingin keluar negeri. Pastikan masa berlaku passport kita masih mencukupi hingga akhir masa studi.
  2. Transkrip akhir, terdiri dari dua bahasa (Indonesia dan English). Sebagai catatan: University of Auckland mensyaratkan nilai akhir dengan rata-rata B.
  3. Ijazah, terdiri dari dua bahasa (Indonesia dan English). Sebagai catatan: Apabila teman-teman hendak mendaftar saat belum mendapatkan ijazah, teman-teman dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus.
  4. Letter of Motivation, yaitu tulisan yang teman-teman buat sendiri untuk menjelaskan latar belakang dari keinginan teman-teman untuk melanjutkan studi di program yang teman-teman pilih. Contoh Letter of Motivation yang saya buat dapat teman-teman unduh disini.
  5. Recommendation Letter, yaitu tulisan yang dibuat oleh dosen teman-teman yang menunjukkan kelebihan yang teman-teman miliki berdasarkan sudut pandang dosen tersebut. Contoh Recommendation Letter dapat teman-teman unduh disini. Sebagai catatan: University of Auckland mensyaratkan teman-teman untuk menyerahkan dua (2) Recommendation Letter.
  6. Pas foto berwarna, yang menunjukkan tampilan terbaru dari teman-teman. Sebagai catatan: Ukuran yang diperlukan adalah 4 cm x 5 cm, background tidak boleh hitam atau putih (saya menggunakan warna merah), jumlah cukup satu (1) lembar. Usahakan menggunakan pakaian formal, sebab pas foto ini akan digunakan untuk Student ID Card teman-teman nantinya.
  7. Curriculum Vitae, yang berisi data diri teman-teman. Sebagai catatan: University of Auckland meminta CV sebanyak satu (1) lembar saja. CV pertama yang saya kirimkan terdiri dari tiga halaman, sehingga akhirnya saya diminta untuk mensubmit ulang CV dengan jumlah halaman sesuai dengan yang diminta.
  8. Sertifikat Tes Bahasa Inggris, sebagai bukti kemampuan berbahasa Inggris teman-teman.Sebagai catatan: University of Auckland mewajibkan bahwa sertifikat harus dikeluarkan oleh pihak penyelenggara yang telah diakui. Detail dari persyaratan bahasa inggris tersebut dapat teman-teman lihat disini.

Langkah kedua adalah mengirimkan dokumen tersebut ke University of Auckland. Sebagai catatan: Pastikan dokumen diterima oleh universitas sebelum tenggat waktu pendaftaran berakhir. Tenggat waktu tersebut dapat dilihat pada laman masing-masing program di situs University of Auckland.

TIPS: Untuk mempermudah proses pendaftaran, teman-teman dapat menggunakan bantuan agen pendidikan yang sudah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia (contoh: IDP, SUN, Vista, Alfalink). Saya sendiri melakukan pendaftaran melalui IDP, dimana saya cukup memberikan berkas yang telah dilengkapi kemudian IDP akan mengirimkan seluruh berkas tersebut ke universitas. Satu hal yang patut digarisbawahi, IDP tidak menarik pembayaran sama sekali untuk pengiriman dokumen  ke universitas. Semuanya gratis tis tis tis, sekalipun teman-teman harus mengirimkan berkas dengan paket kilat sekalipun.

Langkah ketiga adalah bersabar. Umumnya diperlukan waktu berminggu-minggu hingga proses administrasi selesai dilakukan. Universitas biasanya akan memberikan ID untuk log in ke Student Service Online (setelah berkas diterima oleh universitas), agar teman-teman dapat memantau proses pemeriksaan berkas teman-teman. Pastikan juga teman-teman rutin memeriksa email teman-teman, karena seluruh pemberitahuan dari universitas (baik keperluan perbaikan/penambahan berkas maupun pengumuman hasil akhir) akan diinformasikan melalui email.

Itulah langkah-langkah yang harus teman-teman lakukan saat melakukan pendaftaran ke universitas. Kalau teman-teman berminat untuk kuliah ke Auckland, langkah yang perlu dilakukan sama dengan yang telah saya sebutkan di atas. Buat teman-teman yang minat ke universitas lain, secara garis besar langkahnya sama, kemungkinan ada perbedaan di dokumen yang harus dilengkapi.

Sekian info dari saya terkait langkah-langkah pendaftaran, post berikutnya saya akan menjelaskan mengenai beasiswa yang dapat membantu untuk membiayai studi teman-teman, yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia atau umum dikenal dengan Beasiswa LPDP. Stay tuned!

10 thoughts on “#3 Bagaimana Cara Kesana

  1. udah sampe mana gan perkembangan beasiswany 🙂 eh gan itu kan ada syarat ijazah yg dtranslate ke english, untuk daerah bandung pnya info penerjemah tersumpah dmn ? terima kasih
    saya mau cba msukin beasiswa ini jg 🙂

    1. ALhamdulillah tinggal ikut PK gan, saya kebagian yang bulan desember.
      saya nerjemahinnya di Tata Usaha Fakultas kampus sih, coba tanya aja gan siapa tau bisa juga. saya kurang hapal soalnya penerjemah tersumpah dimana hehehe.
      hayu atuh hayu langsung masukin berkas pendaftaran segara gan, didoakan sukses!!

    1. halo, kita tinggal dateng ke IDP, nanti kita bakal punya personal advisor dimana nanti semua urusan mulai dari pengumpulan berkas sampe ngurus visa bakal dilakukan lewat beliau. buat awal sih bisa langsung dateng ke kantor IDP atau ke pameran pendidikan buat tanya-tanya.

  2. thanks bro, informasinya ngebantu banget, saya juga berencana melanjutkan S2 di Auckland di MEnergy nih, kebetulan saya S1nya perminyakan, jadi tertarik buat mendalami Geothermal juga. mas pandu boleh saya minta emailnya? jika tidak keberatan ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan yang sifatnya agak mendetail, sekali lagi terima kasih sudah berbagi 🙂

  3. mas pandu, nice info. kebetulan saya mau daftar UOA juga untuk program master of geophysics. tapi saya bingung tahapannya, cari supervisor/advisor dulu apa langsung ke IDP..kemarin sudah kontak advisor faculty of science tp blm ada jawaban. mungkin mas bisa sedikit punya penjelasan

  4. Mas Pandu,

    Saya tertarik untuk lanjut S2 di University of Auckland dan ingin mencari dananya dari Beasiswa LPDP juga.
    Apakah saya boleh bertanya lebih lanjut via email?
    Kebetulan pertanyaan-pertanyaan saya cukup mendetail.
    Terima kasih atas ilmunya yang sudah dibagi di blog ini 🙂

Leave a Reply

